Sambut Tahun Ajaran Baru dengan Kurikulum Baru

9 10 2006

Rita Ayuningtyas – detikcom

Jakarta – Tahun ajaran baru 2006/2007 di depan mata. Pemerintah pun bersiap memberlakukan kurikulum baru yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Seperti apa?

KTSP ini nantinya akan memberi hak penuh pada sekolah-sekolah untuk menentukan sendiri kurikulumnya. Tujuannya adalah agar potensi tiap-tipa sekolah dapat menonjol, sehingga tercipta kompetisi antarsekolah.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Kurikulum Depdiknas Diah Hartanti kepada wartawan di Depdiknas, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (14/7/2006).

“Dengan KTSP ini, masing-masing sekolah bisa membuat silabus, kurikulum, dan indikator-indiokatornya sendiri. Terserah mereka masih mau tetap pakai kurikulum 1994 (kurikulum lama) atau tidak,” ujar Diah.

Meski menentukan silabus sendiri, namun standar kompetensi dan isinya harus sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah.

Kabijakan ini didasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Peraturan Menteri No 22/2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Diah menambahkan meski masih dibebaskan memakai kurikulum lama, namun pada 2010 seluruh sekolah harus sudah memakai KTSP. Pelaksanaannya pun dilakukan secara bertahap selama 4 tahun.

“Untuk format SD dan MTS tahun pertama (2006) diberlakukan untuk kelas 1-4. Untuk SMP dan SMA di tahun pertama diberlakukan untuk kelas 1. Selanjutnya secara bertahap bisa dilaksanakan secara keseluruhan,” jelas dia. (nvt/)


Aksi

Information

4 responses

28 10 2006
Toni Syarif

Sambut Tahun Ajaran Baru dengan Kurikulum Baru,
untuk usulan ini menurut saya cukup baik karena dengan begitu maka tiap-tiap sekolah bisa mengembangkan dirinya sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, karena tidak semua sekolah membutuhkan hal sama. yang jadi masalah menurut saya adalah setelah ada kebijakan tersebut apakah ada orang atau pihak dari sekolahnya tersebut yang mampu membuat silabus ataupun menyusun kurikulum secara benar, kalau diserahkan ke Guru menurut saya itu tidak benar karena belum tentu guru tersebut mengerti dan memahami mengenai pembuatan silabus ini.Mungkin dari sini kita bisa ikut andil karena jurusan kita memang mempelajari masalah ini oleh karena itu jika memungkinkan saya ingin pemerintah lebih mengenal akan Teknologi Pendidikan ini.
Cukup saja terima kasih, kenalkan saya juga dari TP upi kalau sekarang lagi ada di bandung, kalau ada waktu main ke upi.

1 10 2007
ela hayati

ass.
kurikulum baru=perjuangan baru!!!!
semoga berbagai perubahan, tantangan, segala keterbatasan dan kelebihan membuat kita lebih kreatif dan inovatif dalam memajukan pendidikan Indonesia.
semoga perubahan ini membuat :guru vs siswa, dosen vs mahasiswa, dll (semua komponen pendidikan pokonya) lebih solid dan saling melengkapi …
semuanya tergantung kita (orang2 yang mengaku peduli pendidikan ataupun yang terpaksa masuk ke dalam kawasan ini) …

makasih …

wass
gambatte…!!!

8 11 2007
Sasya

ARTIKEL-ARTIKEL KTSP

11 08 2012
MUHAMMAD IQBAL BLOG. PENDIDIKAN ISLAM DAN PENGETAHUAN « saifulunmuha

[…] Sambut Tahun Ajaran Baru dengan Kurikulum Baru – Monday, October 09, 2006 – Teknologi Pendidikan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: