Pustekkom; Menyusun Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan

20 03 2006

Masih ingat Televisi Edukasi (TV-E) yang diluncurkan Oktober lalu? Media elektronik untuk pendidikan itu dirintis oleh Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Pustekkom), lembaga yang berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Ini untuk memberikan layanan siaran pendidikan berkualitas yang dapat menunjang tujuan pendidikan nasional.

Pustekkom seperti dijelaskan dalam milis lembaga ini mengemban misi yang berperan serta secara aktif untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan nasional dan pengembangan sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi komunikasi dan informasi. Visinya menjadi suatu lembaga unggulan (center of excellence) di bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan teknologi komunikasi dan informasi dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pustekkom bertujuan menyusun alternatif pemecahan masalah pendidikan melalui penerapan teknologi pendidikan dengan mendayagunakan teknologi komunikasi dan informasi dan menghasilkan berbagai model dan paket media pembelajaran untuk menunjang sistem pendidikan. Selain itu, menyediakan tenaga-tenaga ahli dan terampil dalam mengembangkan dan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi.

Tugasnya mengkaji, merancang, mengembangkan, menyebarluaskan, mengevaluasi, dan membina kegiatan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan jarak jauh/terbuka. Ini dalam rangka peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan di semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan sesuai dengan prinsip teknologi pendidikan berdasarkan kebijakan yang ditetapkan Menteri Pendidikan Nasional.

Dalam melaksanakan program kerjanya, Pustekkom dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang cukup memadai, antara lain studio audio, studio video, studio multimedia, ruang penyajian, ruang pelatihan, perpustakaan cetak dan perpustakaan media, dan lain-lain.

Pelatihan selalu dilaksanakan baik dalam rangka peningkatan kemampuan SDM internal Pustekkom maupun memberikan pelatihan bagi pihak lain. Layanan konsultasi dan pelatihan bagi pihak luar antara lain dalam bidang pengembangan sistem pembelajaran, pengembangan bahan belajar mandiri, penulisan naskah dan produksi program audio, penulisan naskah dan produksi program video, penulisan naskah dan produksi program multimedia interaktif, pengembangan situs dan jaringan.

Siaran Radio Pendidikan untuk Murid Sekolah Dasar (SRPM-SD) adalah suatu sistem atau model pemanfaatan program media audio interaktif untuk siswa SD yang dikembangkan oleh Pustekkom sejak tahun 1991/1992. SRPM-SD lahir dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar.

Bahan belajar SRPM-SD dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan dimanfaatkan secara terpadu dalam proses belajar mengajar di kelas berdasarkan judul program. Dikembangkan sejak 1991, sampai 2001 model ini telah dilaksanakan di 20 provinsi dengan jumlah lokasi sebanyak 160 SD Inti dan 10 SD Guru Rangkap.

Produk media audio lain yang dihasilkan oleh Pustekkom antara lain Radio Pelangi, audio integrated, dan audio SLTP Terbuka. Tentu saja, itu tadi, termasuk TV-E yang akan berfungsi sebagai media pembelajaran bagi peserta didik, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil dalam rangka pemerataan kesempatan dan peningkatan mutu pendidikan. Sebagaimana dijelaskan Kepala Pustekkom Depdiknas, Hariana Yuhetty saat itu, melalui TV-E, masyarakat juga akan memperoleh informasi tentang kebijakan dan program pembangunan pendidikan.

( bur )

dari Republika Online


Aksi

Information

20 responses

1 10 2006
eLIs

bagus banget isinya..
klo bisa lebih lengkap lagi..

10 08 2007
Agun Hidayat, S.Pd

Dh,
SMPN 1 Pagerageung ingin mendirikan relay TVE agar TVE bisa dikonsumsi masyarakat, mohon bantuan dana
Terima kasih

28 11 2007
n3wb13

ah paling cuman ngabisin duit negara doank sambil gak ada hasil….buktinya gembar-gembor TV-E cmn mana gak pernah ketangkep dirumah jg…udah lah bapak2 atau ibu2 yang di Pustekkom jangan memproyekkan sesuatu atas nama pendidikan sambil hasilnya ndak ada.

21 03 2008
Ikhwan

Bagaimana caranya mendapatkan perangkat pembelajaran buatan Pustekkom. Saya sebagai guru Sejarah dan Sosiologi butuh banget media TI yang lebih menarik bagi anak-anak.
Kalo ada biayanya, berapa?
gitu

21 04 2008
o.effendi

Pa.Suharto Laks. Mohon informasi tentang bantuan sarana parasana untu Sekolah Luar Biasa. Terimaksih

9 08 2008
Syamsul Arifin, SPd

Bapak yang terhormat, kami pengajar Matematika dan TIK di SMAN I Wringinanom Gresik. sangat ingin mengikuti diklat yang dilaksanakan oleh pustekkom. Mohon, bila ada kegiatan diklat, kami diikut sertakan. terima kasih.

12 08 2008
Asslamet

Pelatihan CMT, sangat perlu dan memang perlu ! agar Masyarakat Indonesia cepet melek IPTEK tidak GAPTEK

15 09 2008
Eman Rohmana

Selamat Buat Pustekkom,… Tingkatkan terus inovasinya, biar pendidikan kita lebih meningkat lagi. Informasinya kalau ada pelatihan-pelatihan khususnya pelatihan yang berkaitan dengan pengolahan Multimedia Pendidikan, kami sangat memerlukannya.
Terimakasih

14 10 2008
Zakir

Salam kenal. Saya alumni TP UNJ juga (1995). bisa dilihat di http://www.amzakir.blogspot.com
Semoga kita nyambung. e-mail: aazakir@yahoo.co.id

20 10 2008
SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21

Salam sukses kepada PIHAK PUSTEKKOM … !
Salam berkah kepada PIHAK PUSTEKKOM … !
Salam pantang menyerah kepada Seluruh Pengelola Pendidikan … !
Salam peduli kepada Orang-Orang Indonesia yang peduli atas NASIB MASA DEPAN ANAK BANGSA INDONESIA dan NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA … !
Tolong adakan pembinaan secara arif dan bijaksana terhadap Guru TIK di seluruh Indonesia … baik secara Langsung (Pelatihan Face to Face) maupun secara DIGITAL …
Guru TIK Kita sebenarnya kondisi situasi dan kemampuannya sangat bervariasi ..
Guru TIK yang ikut CMT sebenarnya demikianlah adanya … namun realitanya dituntut untuk TAMPIL HEBAT guna memajukan TIK di Daerah-Daerah …
Inipun butuh waktu, perjuangan dan pengorbanan …
Tolong jangan berhenti sampai di situ saja …
Masih banyak jalan menuju ROMA …
Lewat forum ini, adakah bantuan pendidikan TIK dari PIHAK PUSTEKKOM untuk Sekolah-Sekolah termasuk kami di SMAN 1 Kraksaan yakni SMAN yang sedang berjuang keras menuju tataran yang lebih maju …
Salam sukses semua … !
God (Allah SWT) blessing us … ! Aamiiiiiiin … !

4 02 2009
Sunardi

jangan banyak-banyaklah dibawahi. Bagi-bagi ke divisi lain, biar cepat kerjanya. Ternyata kan lambat pengembangannya. Buktinya Kelanjutan JAKDIKNAS ICT Center tidak jalan sampai sekarang. Ada yg jalan tp tdk dikembangkan. Padahal sekolah2 sudah siap dgn segala perangkatnya.

Kami sudah sangat rindu dengan internet gratisnya. Manaaaaaaaaaaaaaaa
Cepat Yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

10 02 2009
andry

saya rasa pengembangan berbagai program pustekom harus di DAHULUI dengan KESEDIAAN saran dan sarana di berbagai intansi pendidikan,,,
bagaiman mau liat tv-e dan siaran radio pendidikan jika disekolahnya saja tidak ada fasilitas yang memadahi…

19 02 2009
Imam BS

Gimana nih dgn ICT Center nya? Padahal dana yang diajukan untuk perawatannya jauh lebih besar dari perkiraan BPKLN. Harusnya hasilnya juga auh lebih bagus……

26 05 2010
Aspian Noor

program mobile learning via Handphone kapan nih?

Kemarin tanggal 22 Mei 2010 bimbingan belajar GCMednovation telah meluncurkan pembelajaran via handphone pertama di Indonesia, dengan materi lengkap (SMA), gratis dan tanpa koneksi internet.

Alhamdulillah, anak bangsa berhasil memberikan solusi untuk pendidikan…

26 11 2010
ibnu

sya mau tnya nihh,ada g pelatihan tntang cara membuat bhan ajar berupa animasi atau CD bagi kami calon guru dan para guru.alnya penting banget mengingat kemajuan TIK yg semakin canggih ini……klo ada bagaimna caranya agar saya dan para guru di kota tarakan bisa mengikutinya…..jujur saja sekarang saya sedang skripsi dan mengambil jdul tentang penggunaan audio visual,skrang sedang kesulitan mencari video interktifx…..please saya mohon bantuannya ya….d tunggu confirmasinya di Email : ibnusetiawan_85@yahoo.com atau d HP 081347532449 trimssss

25 04 2011
hanika wedya p

BAGUS BANGET TV-E, TERUS MAJU !

13 05 2011
gudi

alamat web TVE atau pustekkom mn ya,.kq susah bgt nyari alamatnya.,.

5 09 2011
titin

Semua perlu perjuangan Allahu Akbar….. Tolonglah MAN Luragung satu-satunya sekolah gratis tingkat SLTA, PUSTEKKOM semoga sukses bisakah bantu MAN Luragung agar bisa seperti sekolah lain yang sudah maju fasilitas lengkap. kami juga gak mau gaptek……..

27 04 2012
vrilly

nah aku binung cacrinya

6 06 2013
aldobreto

minta struktur organisasi pustekkom buat tugas karya tulis saya makisih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: