Sekolah Unggulan

12 09 2006

Sudah kita ketahui bersama, kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) kita dibandingkan negara-negara di Asia selalu terdepan -dalam ketertinggalan-. Segala daya dan upaya dilaksanakan oleh masyarakat -entah kalau pemerintah- dalam meningkatkan SDM kita terutama pada sektor pendidikan.

Peningkatan mutu SDM dituangkan dalam bentuk pendirian sekolah-sekolah unggulan di beberapa wilayah. Beberapa contoh sekolah unggulan yang sudah ada seperti di Magelang dan Tarutung, Sumatera Utara mampu menghasilkan lulusan dengan prestasi akademik yang tinggi.

Namun dalam pelaksanaannya, sebenarnya sekolah-sekolah tersebut hanya menerima input siswa yang sudah berprestasi (baca: memiliki NEM yang tinggi). Jadi sesungguhnya hanyalah sekolah dengan kumpulan anak-anak cerdas sehingga dengan memilih input yang baik otomatis hasil outputnya pun akan baik.

Sehingga beberapa pakar pendidikan mempertanyakan definisi dari Sekolah Unggulan sehingga memunculkan konsep pengertian sekolah unggulan.

Tipe Sekolah Unggulan

Tipe 1
Tipe ini seperti yang diuraikan di atas, dimana sekolah menerima dan menyeleksi secara ketat siswa yang masuk dengan kriteria memiliki prestasi akademik yang tinggi. Meskipun proses belajar-mengajar sekolah tersebut tidak luar biasa bahkan cenderung ortodok, namun dipastikan karena memilih input yang unggul, output yang dihasilkan juga unggul.

Tipe 2
Sekolah dengan menawarkan fasilitas yang serba mewah, yang ditebus dengan SPP yang sangat tinggi. Konon, untuk sekolah dasar unggulan di Parung, Bogor uang pangkalnya saja bisa sekitar lebih dari 7 juta. Mahal? Nggak juga tuh, buktinya banyak orang-orang Indonesia yang sekolah di sana. Tidak mahal menurut mereka dibandingkan biaya sekolah di luar negeri, dan memang sekolah ini dibangun untuk membendung arus warga negara Indonesia yang berbondong-bondong sekolah ke luar negeri. Otomatis prestasi akademik yang tinggi bukan menjadi acuan input untuk diterima di sekolah ini, namun sekolah ini biasanya mengandalkan beberapa “jurus” pola belajar dengan membawa pendekatan teori tertentu sebagai daya tariknya. Sehingga output yang dihasilkan dapat sesuai dengan apa yang dijanjikannya.

Tipe 3
Sekolah unggul ini menekan pada iklim belajar yang positif di lingkungan sekolah. Menerima dan mampu memproses siswa yang masuk sekolah tersebut (input ) dengan prestasi rendah menjadi lulusan (output) yang bermutu tinggi.

Ada baiknya kita lihat definisi dari sekolah unggulan yang berkembang saat ini. Sekolah Unggulan adalah Terjemahan bebas dari “Effective School”

An Effective School is a school that can, in measured student achievement terms, demonstrate the joint presence of quality and equity. Said another way, an Effective School is a school that can, in measured student achievement terms and reflective of its “learning for all” mission, demonstrate high overall levels of achievement and no gaps in the distribution of that achievement across major subsets of the student population.
(EFFECTIVE SCHOOLS RESEARCH AND THE ROLE OF PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITIES)

Jadi dengan kata lain sekolah unggulan adalah sekolah yang mampu membawa setiap siswa mencapai kemampuannya secara terukur dan mampu ditunjukkan prestasinya tersebut.

Nah timbul pertanyaan dari saya pribadi soal ujian nasional yang dilaksanakan kemarin, apakah memang benar evaluasi tersebut mampu menunjukkan kemampuan anak secara terukur dan mampu menunjukkan prestasinya tersebut?

Karena sekolah bisa dikatakan unggul dalam pencapaiannya. Ada beberapa faktor yang harus dicapai bila sekolah tersebut bisa dikategorikan sekolah unggul:

1. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Profesional

Kepala Sekolah seharusnya memiliki kemampuan pemahaman dan pemahaman yang menonjol. Dari beberapa penelitian, tidak didapati sekolah yang maju namun dengan kepala sekolah yang bermutu rendah.

Penelitian Standfield, dkk (1987) selama 20 bulan di Sekolah Dasar Garvin Missouri dan Gibbon (1986) di sekolah-sekolah negeri di Ohio selama tahun ajaran 1982/1983, keduanya menemukan bahwa peran kepala sekolah yang efektif dan profesional mampu mengangkat nama sekolah mereka sehingga mampu memperbaiki prestasi akademik mereka.

2. Guru-guru yang tangguh dan profesional

Guru merupakan ujung tombak kegiatan sekolah karena berhadapan langsung dengan siswa. Guru yang profesional mampu mewujudkan harapan-harapan orang tua dan kepala sekolah dalam kegiatan sehari-hari di dalam kelas.

3. Memiliki tujuan pencapaian filosofis yang jelas

Tujuan filosofis diwujudkan dalam bentuk Visi dan Misi seluruh kegiatan sekolah. Tidak hanya itu, visi dan misi dapat di cerna dan dilaksanakan secara bersama oleh setiap elemen sekolah.

4. Lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran

Lingkungan yang kondusif bukanlah hanya ruang kelas dengan berbagai fasilitas mewah, lingkungan tersebut bisa berada di tengah sawah, di bawah pohon atau di dalam gerbong kereta api -siapa yang sudah baca Toto Chan?- Yang jelas lingkungan yang kondusif adalah yang lingkungan yang dapat memberikan dimensi pemahaman secara menyeluruh bagi siswa

5. Jaringan organisasi yang baik

Jelas, organisasi yang baik dan solid baik itu organisasi guru, orang tua akan menambah wawasan dan kemampuan tiap anggotanya untuk belajar dan terus berkembang. Serta perlu pula dialog antar organisasi tersebut, misalnya forum Orang Tua Murid dengan forum guru dalam menjelaskan harapan dari guru dan kenyataan yang dialami guru di kelas.

6. Kurikulum yang jelas

Permasalahan di Indonesia adalah kurikulum yang sentralistik dimana Diknas membuat kurikulum dan dilaksanakan secara nasional. Dengan hanya memuat 20% muatan lokal menjadikan potensi daerah dan kemampuan mengajar guru dan belajar siswa terpasung. Selain itu pola evaluasi yang juga sentralistik menjadikan daerah semakin tenggelam dalam kekayaan potensi dan budayanya.

Ada baiknya kemampuan membuat dan mengembangkan kurikulum disesuaikan di tiap daerah bahkan sekolah. Pusat hanya membuat kisi-kisi materi yang akan diujikan secara nasional. Sedang pada pelaksanaan pembelajaran diserahkan kepada daerah dan tiap sekolah menyusun kurikulum dan target pencapaian pembelajaran sendiri. Diharapkan akan muncul sekolah unggulan dari tiap daerah karena memiliki corak dan pencapaian sesuai dengan potensinya. Seperti misalnya sekolah di Kalimantan memiliki corak dan target pencapaian mampu mengolah hasil hutan dan tambang juga potensi seni dan budaya mampu dihasilkan sekolah-sekolah di Bali.

7. Evaluasi belajar yang baik berdasarkan acuan patokan untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran dari kurikulum sudah tercapai

Bila kurikulum sudah tertata rapi dan jelas, akan dapat teridentivikasi dan dapat terukur targer pencapaian pembelajaran sehingga evaluasi belajar yang diadakan mampu mempetakan kemampuan siswa.

8. Partisipasi orang tua murid yang aktif dalam kegiatan sekolah.

Di sekolah unggulan dimanapun, selalu melibatkan orang tua dalam kegiatannya. Kontribusi yang paling minimal sekali adalah memberikan pengawasan secara sukarela kepada siswa pada saat istirahat. Pada proses yang intensif, orang tua dilibatkan dalam proses penyusunan kurikulum sekolah sehingga orang tua memiliki tanggung jawab yang sama di rumah dalam mendidik anak sesuai pada tujuan yang telah dirumuskan. Sehingga terjalin sinkronisasi antara pola pendidikan di sekolah dengan pola pendidikan di rumah
Pada akhirnya sekolah unggulan adalah program bersama seluruh masyarakat, yang tidak hanya dibebankan kepada pemerintah, sekolah dan orang tua secara perorangan. Namun menjadi tanggung jawab bersama dalam peningkatan SDM Indonesia.
Pustaka:
Characteristics of Effective Schools; CT Council of P&C Associations (http://www.schoolparents.canberra.net.au/effective_schools)

EFFECTIVE SCHOOLS RESEARCH AND THE ROLE OF PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITIES; Terry McLaughlin, Assistant Superintendent, Student Services San Bernardino County Superintendent of Schools
(http://www.fcoe.k12.ca.us/eduscrvc/spec_ed_docs%5CEffective%20Schools%2010-04.ppt)


Aksi

Information

28 responses

28 09 2006
urip

setuju… malah ada juga istilah sekolah/madrasah model…..
Analoginya yah model…. jalannya lenggak-lenggok, begitu setelah jalan di chat-walk jalannya yah biasa2 saja.
Karena gak bakal tahan kalo jalannya tiap saat seperti jalan di chatwalk.
Begitu juga analogi sekolah/madrasah model, yang aslinya itu modal-madul. Artinya gak menghasilkan prestasi yg bagus, gak sesuai dengan modal yg dikucurkan untuk mensupport-nya.
Artinya… pret….pret.

18 10 2006
zikrah

Dengan Sekolah unggulan tipe 3…hal itu sungguh luar biasa…siapa saja yang BERMIMPI mewujudkan itu sudah merupakan langkah positif yang baik. tentusaja ini bukan mimpi di siangbolong tapi mim pi di saat sadar dan mimpi itu pasti TERJADI. dan siapa saja yang sudah memilikinya berbagilah dengan yang lain karena kita bersama-sama untuk mewujudkan generasi yang berpendidikan dan berkepribadian yang LUAR BIASA.

18 10 2006
Muhamad Ikhsan

#zikrah
Sebenarnya sudah banyak sekolah-sekolah tipe seperti itu, mungkin karena tidak terekspose berita saja, atau mungkin kita terlalu sensitif mencerap informasi mengenai buruknya pendidikan Indonesia :)

Saya sempat mencatat sekolah seperti Smart Ekselensia di daerah Parung, Bogor yang dibangun oleh Dompet Dhuafa dengan dukungan biaya Ummat, juga sekolah SMP Utama, grup dari Lazuardi Global Islamic School di Depok malah khusus menerima orang-orang dari kalangan menengah ke bawah dengan biaya murah karena ditopang dari dana zakat dan infak.

29 03 2007
choerozak

saya pernah mendengar bahwa di salatiga ada sekolah rakyat yang anak2 nya ndak pake sepatu, sekolah nya di tempat ‘ndeso’ tetapi fasilitasnya ada internet bo’ ………..
ini adalah hasil inisiatif orang yang punya duit untuk membangun fasilitas bagi orang pedesaan yang ndak mampu sekolah. ….

sekolah ini memang tidak sepenuhnya gratis, tetapi saya denger bahwa anak-anak tersebut berusaha menabung dari jerih payah-usaha- yang dikembangkan oleh guru pengsuhnya. semoga bisa digali dan dicari informasi yang sebenarnya di sana!!!

17 09 2007
Sugiono

Saya sangat mendambahkan di Indonesia (suatu saat) 75% sekolah-sekolahnya adalah seperti sekolah unggulan tipe 3. Bagaimana kondisi Indonesia saat itu yaaa? Mungkin jauh lebih baik kondisi masyarakat Indoensia saat itu.
Karena bangsa yang besar dan maju (teknologi dan kemakmurannya) apabila prestasi pendidikannya sudah maju. Marilah kita senantiasa berbuat dan berdoa untuk mewujudkannya.

4 10 2007
Ahmad Nurul Huda

sekolah unggul ya yang masukannya kurang bagus setelah dikelola menjadi bagus. Itu yang namanya mendidik dan bagi pendidik akan mendapat pahala lebih besar karena kerja kerasnya pasti lebih besar dari pada pendidik sekolah unggul dengan input siswa yang sudah unggul pula

13 05 2008
nugroho

Thanks for your idea to refresh my learning. I’ve got this in 2000 but I did not have time to share with others. Your resume is an important portal for everybody who think they are school leaders.

5 08 2008
pudin s

assalaamu’alaikum
sekolah unggulan perlu diperbanyak guna mengantisipasi kesenjangan yang terjadi di masyarakat, artinya sekolah yang orientasinya mutu/kualitas. Tetapi sangat besar harapan sekolah unggul tersebut bukan berarti mahal dan hanya untuk kalangan elite. Sudah waktunya kalangan orang berduit berfikir jernih bahwa dari sebagian harta mereka ada hak untuk orang tak mampu. Minimal membuat sekolah unggulan yang murah bagi anak-anak tak mampu

13 12 2008
ARIF BUDI S

sekolah unggulan merupakan sekolah yang ditunggu oleh banyak pihak sebagai salah satu jalan keluar untuk menyelesaikan masalah keterpurukan dunia pendidikan di Indonesia. dan siharap lulusan sekolah unggulan dapat diterima didunia kerja sehingga angka pengguran dapat diteken.
namun diharapkan biaya yang diterapkan pada sekolah unggulan dapat dijangkau oleh kalangan ekonomi menengah kebawah
terima kasih
matur mewun

26 12 2008
Firmanto G.

Kami menawarkan kerjasama bisnis dalam bidang apa pun untuk supplier sekolah unggulan.
Pengalaman kami yang ditunjang dengan tenaga profesional serta visi bisnis dalam bidang jasa dan pengadaan, dapat membantu klien/ yayasan bekerjasama dengan intensif.

Hubungan kami : TS – Kana Group – 021 8443 889/99, 0815 931 2728

21 04 2009
ILYAS ASIA

i link this

16 07 2009
kencana wijaya

Sekolah unggulan?? sekolah yang bisa menjamin siswanya bertahan dalam segala kondisi. Sekolah yang bisa membuat siswanya percaya diri dalam menghadapi permasalahan kehidupan. Sekolah yang bisa menjamin siswanya hidup bahagia dalam kondisi ekonomi sosial terburuk sekalipun (siswa yang tahan banting, siswa yang mengerti arti kehidupan yang sesungguhnya). Sekolah unggul karena gurunya unggul….MAJU TERUS PARA LASKAR PELANGI INDONESIA!!!

2 08 2009
syarwan

ya, yang penting kan usaha. Keberhasilan itu tidak serta merta, lho!
Pendidikan memang mahal dimana-mana di dunia ini.
Syarwan Ahmad dari Aceh

12 10 2009
dika

lumayan,, bwt referensi nyokap w yg besok mw presentasi di depan orang DISDIK…TKS

8 12 2009
dudung basori

Kalo hanya terima yang unggul di awal, . . . ya hasilnya nggk terlalu signifikan.
Baru unggul kalo terima yang biasa-biasa, atau bahkan sangat lemah SDMnya, lalu diproses, outputnya unggul, dan bahkan kemudian outcomenya gemilang..

12 12 2009
apud

semua sekolah itu unggul tau

26 12 2009
Budhi

Sekolah unggulan lebih menekankan proses pembelajaran dibanding dengan input yang tinggi, fasilitas tidak perlu mewah tetapi cukup memadai. Tentunya untuk melakukan proses yang baik akan sangat ditentukan oleh kualitas pendidik yang baik pula, disisi inilah sangat dibutuhkan kreativitas, dedikasi dan orientasi pengabdian yang ikhlas hanya kepada Allah untuk terus berproses menjadi lebih baik. Tentunya untuk proses itu juga diperlukan biaya yang sewajarnya tanpa menghilangkan hak-hak siswa yang tidak mampu untuk bisa mengikuti proses pembelajaran.

18 05 2010
roziqin

sekolah unggulan adalah sekolah yang dapat mencetak lulusan yang dapat memberi solusi dan mengaplikasikannya pada masalah pada zaman dan masanya. disamping itu sekolah harus menanamkan keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa. paling tidak nilai nilai luhur pancasila. pancasila merupakan dasar negara, berarti setiap gerak langkah warga indonjesia harus selalu cobok dan klop dg pancas77

1 06 2010
Usdiyanto

Memang banyak jenis sekolah unggulan di Indonesia dengan ciri masing-masing. Antara lain SMA Taruna Nusantara Magelang. Walaupun SMA TN tidak pernah mengklaim dirinya sebagai sekolah unggulan, sekolah ini saya lihat memiliki banyak keunggulan, antara lain memprioritaskan menerima siswa dari seluruh Indonesia. Dengan demikian input siswanya bisa sangat beragam, mulai dari kemampuan akademik, latar belakang sosial ekonomi orang tua, etnis, suku, agama, dll. Ada anak jenderal bintang 4 s.d. anak pemulung dan pedagang asongan ada di situ. Motto sekolah ini A WONDERFUL MULTICULTURAL SCHOOL. Bukan hanya outputnya yang bagus, tetapi juga outcomenya yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri, ini karena dikelola dan diawaki oleh orang-orang yang cukup profesional. Semoga banyak anak kalangan bawah yang mendapat beasiswa.

3 06 2010
Gemboz19's Blog

[...] June 3, 2010 by gemboz19 Sekolah Unggulan [...]

12 06 2011
driyogiran

Hallooo…ada yang punya makalah dengan judul Sekolah Unggulan…
mohon bantuannya…bisa dikirim ke alamat e-mail saya: driyogiran@yahoo.co.id.
atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

11 08 2011
yuyus ali

ada buku yang bagus ” Sekolahnya manusia” di dalamnya ada yang dinamakan sekolah unggul…

15 12 2011
zul

sekolah unggulan sebaiknya berbasis pada bakat mesin kecerdasan siswa

18 12 2012
PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME GURU MENUJU SEKOLAH UNGGULAN « Aisyiahrestu's Blog

[...] Di sini, kita akan memfokuskan pada kriteria sekolah unggul yang Keempat, yaitu guru dan tenaga kependidikan yang menangani harus unggul baik dari segi penguasaan materi pelajaran, metode mengajar, maupun komitmen dalam melaksanakan tugas (http://teknologipendidikan.wordpress.com/2006/09/12/sekolah-unggulan/). [...]

29 04 2013
III case galaxy

Hi, Neat post. There’s a problem with your site in internet explorer, would test this? IE nonetheless is the market chief and a big component of people will pass over your wonderful writing because of this problem.

6 07 2013
Muscle Man

I pay a visit daily a few blogs and information sites to
read articles, however this weblog offers quality based content.

23 07 2013
mattress stores in knoxville

Hi there to all, it’s in fact a nice for me to pay a visit this web page, it includes precious Information.

24 07 2013
Minnesota asphalt contractors

Quality posts is the important to attract the users to pay a quick visit the web site, that’s what this web site is providing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: