Prinsip Pengembangan Media Pendidikan – Sebuah Pengantar -

21 03 2006

Pengantar
Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Bahkan pertumbuhan ini bersifat gradual. Metamorfosis dari perpustakaan yang menekankan pada penyediaan meda cetak, menjadi penyediaan-permintaan dan pemberian layanan secara multi-sensori dari beragamnya kemampuan individu untuk mencerap informasi, menjadikan pelayanan yang diberikan mutlak wajib bervariatif dan secara luas.Selain itu,dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang bervariasi secara luas pula.

Karena memang belajar adalah proses internal dalam diri manusia maka guru bukanlah merupakan satu-satunya sumber belajar, namun merupakan salah satu komponen dari sumber belajar yang disebut orang. AECT (Associationfor Educational Communication and Technology) membedakan enam jenis sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses belajar, yaitu:

  1. Pesan; didalamnya mencakup kurikulum (GBPP) dan mata pelajaran.
  2. Orang; didalamnya mencakup guru, orang tua, tenaga ahli, dan sebagainya.
  3. Bahan;merupakan suatu format yang digunakan untuk menyimpan pesan pembelajaran,seperti buku paket, buku teks, modul, program video, film, OHT (over head transparency), program slide,alat peraga dan sebagainya (biasa disebut software).
  4. Alat; yang dimaksud di sini adalah sarana (piranti, hardware) untuk menyajikan bahan pada butir 3 di atas. Di dalamnya mencakup proyektor OHP, slide, film tape recorder, dan sebagainya.
  5. Teknik; yang dimaksud adalah cara (prosedur) yang digunakan orang dalam membeikan pembelajaran guna tercapai tujuan pembelajaran. Di dalamnya mencakup ceramah,permainan/simulasi, tanya jawab, sosiodrama (roleplay), dan sebagainya.
  6. Latar (setting) atau lingkungan; termasuk didalamnya adalah pengaturan ruang, pencahayaan, dan sebagainya.

Bahan & alat yang kita kenal sebagai software dan hardware tak lain adalah media pendidikan.

Media Pendidikan
Kata media berasal dari bahasa Latin yang adalah bentuk jamak dari medium batasan mengenai pengertian media sangat luas, namun kita membatasi pada media pendidikan saja yakni media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran.

Mengapa perlu media dalam pembelajaran? Pertanyaan yang sering muncul mempertanyakan pentingnya media dalam sebuah pembelajaran.Kita harus mengetahui dahulu konsep abstrak dan konkrit dalam pembelajaran,karena proses belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi,penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan berupa isi/ajaran yang dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi baik verbal (kata-kata& tulisan) maupun non-verbal, proses ini dinamakan encoding. Penafsiran simbol-simbol komunikasi tersebut oleh siswa dinamakan decoding.

Ada kalanya penafsiran berhasil, adakalanya tidak.Kegagalan/ketidakberhasilan dalam memahami apa yang didengar, dibaca,dilihat atau diamati. Kegagalan/ketidakberhasilan atau penghambat dalam proses komunikasi dikenal dengan istilah barriers atau noise. Semakin banyak verbalisme semakin abstrak pemahaman yang diterima.
Lantas dimana fungsi media? Ada baiknya kita melihat diagram cone of learning dari Edgar Dale yang secara jelas memberi penekanan terhadap pentingnya media dalam pendidikan:

cone_of_learning.jpg

Secara umum media mempunyai kegunaan:

  1. memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
  2. mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.
  3. menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
  4. memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya.
  5. memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama.

Selain itu, kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton, 1985:

  1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
  2. Pembelajaran dapat lebih menarik
  3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
  4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
  5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
  6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
  7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
  8. Peran guru berubahan kearah yang positif

Karakteristik dan kemampuan masing-masing media perlu diperhatikan oleh guru agar mereka dapat memilih media mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Sebagai contoh media kaset audio, merupakan media auditif yang mengajarkan topik-topik pembelajaran yang bersifat verbal seperti pengucapan (pronounciation) bahasa asing. Untuk pengajaran bahasa asing media ini tergolong tepat karena bila secara langsung diberikan tanpa media sering terjadi ketidaktepatan yang akurat dalam pengucapan pengulangan dan sebagainya. Pembuatan media kaset audio ini termasuk mudah, hanya membutuhkan alat perekam dan narasumber yang dapat berbahasa asing, sementara itu pemanfaatannya menggunakan alat yang sama pula.

Untuk itu perlu dicermarti daftar kelompok media instruksional menurut Anderson, 1976 berikut ini:

KELOMPOK MEDIA

MEDIA INSTRUKSIONAL

1.

Audio
  • pita audio (rol atau kaset)
  • piringan audio
  • radio (rekaman siaran)

2.

Cetak
  • buku teks terprogram
  • buku pegangan/manual
  • buku tugas

3.

Audio – Cetak
  • buku latihan dilengkapi kaset
  • gambar/poster (dilengkapi audio)

4.

Proyek Visual Diam
  • film bingkai (slide)
  • film rangkai (berisi pesan verbal)

5.

Proyek Visual Diam dengan Audio
  • film bingkai (slide) suara
  • film rangkai suara

6.

Visual Gerak
  • film bisu dengan judul (caption)

7.

Visual Gerak dengan Audio
  • film suara
  • video/vcd/dvd

8.

Benda
  • benda nyata
  • model tirual (mock up)

9.

Komputer
  • media berbasis komputer; CAI (Computer Assisted Instructional) & CMI (Computer Managed Instructiona

Klasifikasi & Jenis Media

KLASIFIKASI

JENIS MEDIA

Media yang tidak diproyeksikan Realia, model, bahan grafis, display
Media yang diproyeksikan OHT, Slide, Opaque
Media audio Audio K aset, Audio V ission, aktive Audio Vission
Media video Video
Media berbasis komputer Computer A ssisted I nstructional ( Pembelajaran Berbasis Komputer)
Multimedia kit Perangkat praktikum

Media yang Tidak Diproyeksikan

Realita : Benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar

Model : Benda tiga dimensi yang merupakan representasi dari benda
sesungguhnya

Grafis : Gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan (Grafik, Chart, Poster, Kartun)

Display : Medium yang penggunaannya dipasang di tempat tertentu sehingga dapat dilihat informasi dan pengetahuan di dalamnya.

Media Video

Kelebihan

Dapat menstimulir efek gerak

Dapat diberi suara maupun warna

Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya.

Tidak memerlukan ruangan gelap dalam penyajiannya

Kekurangan

Memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya

Memerlukan tenaga listrik

Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatannya

Media Berbasiskan Komputer

Bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan

Praktek dan latihan (drill & practice)

Tutorial

Permainan (games)

Simulasi (simulation)

Penemuan (discovery)

Pemecahan Masalah (Problem Solving)

(Heinich,et.al 1996)

Kemajuan media komputer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran.

Dibalik kehandalan komputer sebagai media pembelajaran terdapat beberapa persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan awal bagi pengelola pengajaran berbasis komputer:

  1. Perangkat keras -dan lunak- yang mahal dan cepat ketinggalan jaman
  2. Teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman.
  3. Pembuatan program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya. Hal ini bisa disiasati dengan pembuatan modul pendamping yang menjelaskan penggunaan dan pengoperasian program.

Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar
Sebelumnya perlu dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer.

CAI; yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.

CMI; digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku/e-library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dll.

Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem.

Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.

Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.

Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.

PUSTAKA

Green L (1996). Creatives Silde/Tape Programs. Colorado: Libraries Unlimited, Inc. Littleton.

Hackbarth S. (1996). The Educational Technology Hanbook. New Jersey: Educational Technology Publication, Englewood Cliffs.

Hannafin, M. J., Peck, L. L. (1998). The Design Development and Education of Instructional Software. New York: Mc. Millan Publ., Co.

Heinich, R., et. al. (1996) Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

E. Dale, Audiovisual Method in Teaching, 1969, NY: Dyden Press

Bloom, S. Benyamin (1956). Taxonomy of Educational Objective The Classification of Educational Goal.


Aksi

Information

80 tanggapan

23 09 2006
supriyanto

Saya ingin berdiskusi

10 10 2006
ina

saya ingin mendownload artikel ini..
saya adalah mahasiswi kedokteran di universitas muhammadiyah jaogjakarta..
menurut saya artikel ini sangat bagus untuk dijadikan referensi sumber belajar yang baik ..
bagaimana saya dapat mendownload artikel ini ke alamat email saya ??
terima kasih ..

16 10 2006
tutu

saya ingin penelitian tentang teknologi pembelajaran. dounks

16 10 2006
Muhamad Ikhsan

#supriyanto
Silahkan pak, PM saya aja.

#ina
copy paste aja dari pada cape2 download ke email. Sumber di tulis yaa…

#tutu
coba kontak Pustekkom deh.
Sebenarnya saya coba kontak kampus2 Teknologi Pendidikan (dimulai dari UNJ) tapi mereka mungkin terlalu sibuk untu urusan seperti ini, bersabar aja… Semoga saya diberi kekuatan membangun web ini lebih baik :D

17 10 2006
jilan

mas punya tidak literatur mengenai tahap pengembangan media pendidikan. kalau ada tolong dong di beri tahuu

14 11 2006
oksya

saya tertarik dengan dunia pendidikan yang anda kemukakan dalam wadah ini.

24 11 2006
fitria

Assalamualaikum……bisa minta bantuanya???? saya kesulitan mencari artikel mengenai aplikasi pengelolaan proses,sumber dan sistem teknologi pendidikan…..Emm..Kalo ‘gak keberatan bisa dikirim ke email saya…..jazakillah…

1 12 2006
panji

saya kesulitan mencari model2 pembelajaran games, simulasi, tutorial dan latihan berbasis komputer tolong saya dong

2 12 2006
pandji

tolong bantu saya cari pengertian,bentuk dan contoh dari model-model pembelajaran permainan, simulasi, penemuan, praktek dan latihan, dan tutorial!!secepatnya….

23 12 2006
rina mutaqinah

wah pa ihsan sy senang sekali bisa mengenal bapak melalui blog ini, tulisan2nya sangat bermanfaat bagi sy, oh ya kenalkan saya rina mutaqinah alumni tek-pend IKIP bandung angkatan 91 OK deh hidup dunia teknologi informasi pendidikan salaam

7 01 2007
ruqoyah

assamu’alaikum wr wb

mas atau mbanya kira-kira ada bahan untuk keuntungan dan kerugian dari new media bagi pendidikan di indonesia g? trus kira-kira selain komputer dan internet, media apa lagi si yang berguna wat pendidikan kita untuk lebih spesifik? thanks bgt ya…4reply me

7 01 2007
luthfie

ass.
mas aku anak TP Surabaya, gmn sih enaknya di TP itu,,mata kuliahnya koq sulit2 bgt..heehe
media pendidikan mungkin yang paling modern kan pake komputer tp kenapa ya di PT koq g nerapin media itu sendiri.
makasih

24 01 2007
Yusran

Kpd ykh.
Muh. Ihsan

as wr wb.
Saya sangat tertarik dengan web yang dibuat sebagai sarana diskusi & mencari informasi mudah-mudahan orang teknologi pendidikan dapat memperkenalkan diri dan mampu memberi warna dan perbaikan terhadap perkembangan pendidikan di indonesia yang saat sulit mencari formula yang tepat sehingga sietem dan kuriukum selalu bongkar pasang

8 02 2007
biqi

klo mo artikel tentang pembelajaran interaktif dengan macromedia flash MX 2004(7),ada g?

1 03 2007
joko nopiyanto

as.wr.wb
saya lagi revisi skripsi tentang teknis pengembangan multimedia.
tolong say kasih tau yaaa…
makasih sebelum dan sesudahnya..
ws.wr.wb

5 03 2007
Anisya

Hi Bang ichan.Bs bantuin aku cari contoh evaluasi media by utilyzation spt film/video ga?
klo ada krm ke emailku ya secepatnya. thanx :-)
salam u/istri dan anakmu! (udah lahiran kan?)

10 03 2007
senfi

Mas, saya Mahasiswa UNNES. Saya sedang membutuhkan teori media Audio yang lengkap dengan teknik pengulangan. Saya mohon dikirim ke mail saya segera.
Terima kasih atas perhatiannya

13 03 2007
badcover159

punya KTSP komplit ga? klo ada bagi yawwww. Thanx

14 03 2007
saleh

salam dari kami Mahasiswa TP S2 Unmul 2006

14 03 2007
saleh

saya belum pernah menerima model pembelajaran berbasis komputer pada daerah terpencil seperti di pedalaman.
bolehkah dibuat modelnya?
hubungi email saya ya

18 03 2007
BI tANJUNG

mas tolong kimkan artikel tentang penggunaan komputer dalam pembelajaran fisika.

21 03 2007
Nunung Handayani

Salam solidaritas!Mas, saya dan beberapa teman membuat kelompok belajar untuk anak2 di bantaran kali surabaya. Tolong dong dibantu untuk modulnya, mis utk pengenalan alam, pengembangan karakter dsb.
Thanx b4.

Nunung

21 03 2007
Teknologi Pendidikan

Untuk semua komentar dan dukungannya, saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih.

Maaf kalau belum sempat membalas satu-satu, tapi teman-teman bisa PM saya di Yahoo Messenger : wonk_ikhsan78

4 04 2007
Surya Hadi Ananta

mas kalo bisa tolong bahas ttg media Audio Visual dalam pembelajaran yaaa….
soalnya skripsiq ttg itu, q butuh pnjelsan ttg media AVA mas….

7 04 2007
rifai

mas aq butuh tutorial menggunakan proyektor dalam menggajar, makasih ya sebelumnya.

9 04 2007
koderi mebel

saya sangat mengharapkan artikel/tulisan tentang tehnik2 berbagai macam media pembelajaran
atas perhatian semuanya diucapakan trimakasih bandarlampung

9 04 2007
koderi mebel

hai orang-orang ahli media aku perlu modul tentang media pembelajaran bagi dong

30 05 2007
Alternatif Media... « To be a Qualified Teacher

[...] Prinsip Pengembangan Media Pendidikan – Sebuah Pengantar - [...]

1 06 2007
chrisma

saya bisa minta tentang prinsip-prinsip pembuatan CAI yang baik g?, butuh bgt nih

5 06 2007
sonny

saya bisa minta latar belakang kapan media pengajaran mulai dipergunakan di dunia pendidikan (tahun mulai dikenalkan)

apakah media pengajaran ada hubungan dengan prestasi belajar siswa????

trimakasihhhh

5 06 2007
axep

mas ikhsan artikel anada sangat bermanfaat buat saya .
tapi saya mau tau banyak tenyang modul nih…
bisa bantu cari tau sumbernya ga tah?
terimakasih
\

30 06 2007
Makhrus Ali, S.Pd

aku tertarik dengan web ini, gimana kalau aku usul dikembangkan saja sehinggga cakupannya bisa meluas dan tolon sediakan ikon untuk ngeload..!

9 09 2007
Emelia Yose Purwaningsih

saya lagi analisis data niy mengenai kase audio…pokokke saya cari tahu banyak tentang kaset audio…Program Audio Penunjang Pendidikan (PAPP) yang dikembangkan Balai Pengembangan Media Radio (BPMR) Yogyakarta…saya merasa kesulitan untuk mencara landasan teori berkenaan saya meneliti proses dan hasil belajar siswa. bisa bantu ga? secepatnya yha…thx

8 10 2007
Widi

Moga moga pembelajaran kita bisa berbasis komputer mulai dekade mendatang. Trus berkembang, ya Pak!

25 10 2007
maeda-TP`06 unesa

assalamualaikum….
tnks y mas,,
uDh bantu saya ngerjain tugas.
awalnya ak bNer2 kelimpungan buku2 susah di dapat,, kalopun ada tebel males baca,,,
link ini di perluas dungz jangkauannya,, kayak lebih ke TP secara luas,,
biar semua mata terbuka byk cara dalam pendidikan.

ak bnr2 makasih…..
wassalamualaikum…

6 11 2007
andi Zurman

Lembaga kami akan merintis sebuah program media cetak pendidikan yang sifatnya non profit.
Kami sangat tertarik dengan isi tulisan pada artikel diatas, untuk itu kami mohon izin pengelola situs ini untuk memperbolehkan kami mengcopy pemikiran dan wacana-wacana yang muncul pada artikel ini.
Semua ini ditujukan pada sebuah keinginan untuk membangun bangsa.
atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

16 11 2007
Mukhtar A

Saya pernah mendownload artikel ini di http://www.puskur.net/inc/sma/BahasaPerancis.pdf pada tahun lalu, tapi skr link ini sudah tidak dapat diakses lagi, karena telah beberapa kali di-update. Yang saya ingin tahu siapa penulis artikel tsb, soalnya saya butuh bgt buat daftar pustaka yg mengharuskan ada nama penulisnya. terimakasih bg yg tahu.

4 12 2007
ilalang

Untuk media pendidikan saat ini anda-anda tinggal memilih media apa saja yang anda butuhkan guna tercapainya tujuan belajar. Dan ingat, sesuaikan dengan cost (biaya),materi, metode, audience dan performance anda dalam mencapai tujuan tersebut.

19 12 2011
frof168

resensi buku tentang pendidikan

26 12 2007
Tuti JR

bukan main …… artikel ini sangat membantu saya sebagai informasi untuk presentasi. Mohon dimuat artikel lainnya dong ……… . O ya kalau berkenan mohon diberikan contoh cara merancang media yang sangat sederhana yang sesuai dengan tema dalam pembelajaran PKn. Terimakasih.

23 01 2008
Suryadi Permana

saya kepingin banget bisa bikin media pembelajaran pkn yang bisa online. gimana caranya? kasih tahu dong!thanks!

23 01 2008
Sunarto

Assalamu alaikum wr. wb.
Salam kenal Pak, Mas, Bang, Cak, Kang, Dhik………… dll
Saya Narto dari Balai Pengembangan Media Radio (BPMR) Yogyakarta, Pustekkom Depdiknas. Saya bersyukur ada forum ini bisa untuk sharing masalah ke-TP-an. Soalnya saya juga alumni TP. Keep contact.

1 02 2008
icha

maz, minta artikel tentang sumber belajar berbasis website donk. sebelumnya makasih banyak ya………

23 02 2008
Prinsip Pengembangan Media Pendidikan - Sebuah Pengantar - « Pksplus’s Weblog

[...] Prinsip Pengembangan Media Pendidikan – Sebuah Pengantar - Prinsip Pengembangan Media Pendidikan – Sebuah Pengantar - [...]

29 02 2008
weong

Yang serius dong ..

21 03 2008
arya
4 04 2008
andri

tolong tidak hanya membahas mengenai media, tapi lebih kepada pengertian pengembangan itu sendiri.karena landasan atau latar belakang dalam pengembangan suatu media dalam pembelajaran itu harus cukup kuat, sehingga pada akhirnya pemanfaatan media bisa efektif.dan tidak hanya mengaplikasikan/mengembangkan teknologi ke dalam pendidikan, karena mungkin bisa menjadi hanya sebuah media,tapi taa guna

18 04 2008
asep

saya ingin mengembngkan suatu nultimedia pembelajaran
bisakah saya meminta bantuan anda untuk menilai multimedia yang saya kembangkan

30 04 2008
Didik Purnomo, ST

AKu Sebenarnya Bukan Jurusan Keguruan
Aku Alumni Universitas Malang
Jurusan Teknik Industri
Sekarang aku mau Ngajar TIK
bagaimana menjadi guru yang bijak tolong ditambah kejelasaanya
terima kasih

22 05 2008
ridwan

makasih

27 05 2008
ANDRI KURNIAWAN

mas minta pengertian pengembangan dari beberapa tokoh pendidikan….coz website PUSTEKOM udah gak ada….
buat skripsi mas…krim ke email saya ya

16 10 2008
qiqi

ikutan rekk…

16 10 2008
qiqi

salam buat temen alumni S1 TP 2000 unesa dan semua orang orang yang bergelut di dunia teknologi pendidikan…..maju terus….pantang mundur….slam jg buat bapak Karti Suharto…tuk mas ikhsannya tetap semangat….

5 11 2008
mega

Asslm. Terima kasih atas artikelnya.
Saya adalah mahasiswa UNP. Sekarang saya sedang menulis skripsi dengan judul permasalahan yang ditemui oleh guru dalam merancang danmenggunakan media dalam pembelajaran bahasa inggris di SMA. jadi saya sangat butuh sumber yang berkaitan dengan media pendidikan. oLeh karena itu, sangat berharap agar bapak dapat mengirimkan artikel tentang media ke alamat email saya. Terima Kasih. BAntuan bapak, memperlancar saya memperoleh gelar sarjana. Wassalam.

10 11 2008
dewabenny

Mas …. saya copas ya……dengan tetep ada referensinya……

26 11 2008
aji

makasih bgt nih, bwt ref garap skripsi. thanks..

8 01 2009
taufikbambang.info » Multimedia Dalam Pembelajaran

[...] Muhamad,Prinsip Pengembangan Media Pendidikan, [...]

30 04 2009
karima

ass. saya mahasiswi UPI jurusan Pendidikan Luar Biasa
sedang menrcari info tentang bagaimana pembuatan media, kebingungan!!

bisa di informasikan ke YM saya!! ingin berdiskusi, karena di jurusan saya juga banyak proyek mengenai media belajar untuk anak berkebutuhan khusus. terima kasih

2 06 2009
miftah

bagi temen2 yg pingin produk tp (multimedia pembelajaran interaktif) bisa pesan pada kami (buka: klik-m.com) kita melayani konsultasi, pelatihan, produksi, dll..

hasanmiftah@yahoo.com

12 06 2009
okpri

saya lagi membahas pemakaian media audio visual dan visual dalam skripsi saya…..tapi saya masih kekurangan bahan referensi…..klu bisa tlng tlng kirim bahan-bahan referensi ke email saya ya pak……..terima kasih tuk bantuannya…..

18 06 2009
ibnusyuhadi

Mas Ikhsan, artikelnya sangat berguna bwt sy ni.dengan hormat sy copas ya, untuk pengayaan dan referensi bahan kuliah ni. Semoga tetap semangat untuk sebaran ilmunya.Terimakasih , Allah lah yang bisa membalas amal Mas,wass…

28 08 2009
dee

assalamualaikum…. mas ikhsan, saya mahasiswi TEP UM yang skrg sdg bingung untuk mencari judul tuk tesis saya. saya ingin mengembangkan media cetak buletin pendidikan walaupun tidak berbasis web. mas tolong dunk, carikan artikelnya yang berkaitan dengan buletin pendidikan……………..thanks. wassalam.

23 09 2009
mifta

aqtertarik rgt dengan pengembangan media media pembelajaran krn dengan bgt anak didikkita akan lebih faham dalam menerima informasi

5 10 2009
ubai

mas, saya ini mahasiswa semester 5 jurusan teknologi pendidikan di universitas negeri jakarta mas.
yang saya tau, sebuah media akan baik jika sesuai dengan model pengembangan intruksionalnya ya mas, jadi mas tau ga kira2 model2 pengembangan media pembelajaran itu apa aja ya mas? makasi

21 10 2009
dahril amin

terima kasih untuk informasi ini, tlg informasi dan bantuannya … yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis komputer .. tks. salam kenal

21 10 2009
ripzaz

edun keren uey siplah anzink

7 11 2009
PUTU

salam kenal mas muhamad Ikhsan
perkenalkan nama saya putu yang saat ini sedang melanjutkan kuliah s2 tp uny, begini mas saya tertarik dalam membuat pengembangan media berbasis komputer, tapi saya masih bingung mengenai :DASAR & MACAM2 TEORI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER YANG MELANDASI PENELITIAN TP. Mohon penjelasannya kirim ke alamat email saya. terma kasih sebelumnya

7 11 2009
PUTU

salam kenal mas muhamad Ikhsan
perkenalkan nama saya putu yang saat ini sedang melanjutkan kuliah s2 tp uny, begini mas saya tertarik dalam membuat pengembangan media berbasis komputer, tapi saya masih bingung mengenai DASAR & MACAM2 TEORI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER YANG MELANDASI PENELITIAN TP. Mohon penjelasannya kirim ke alamat email saya. terma kasih sebelumnya

6 12 2009
PUSPAMI SARTIKA

ass…. mas iksan
sy puspa from jambi….. maksih nih tulisannya membatu banget…
boleh dong permintaan mas putu juga kirimi ke e-mail ku…
kayaknya sama juga nih dengan mas putu lagi cari bahan tuk bikin tesis pengembangan multimedia… thANK SO MUCH YAW

6 03 2010
Anang S

Terima kasih mas, paling tidak aku bisa tambah tentang pengetahuan tentang media.

26 05 2010
clometan.com

Prinsip pengembangan Media Pendidikan…

Pengantar Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Bahkan pertumbuhan ini bersifat gradual. Metamorfosis dari perpustakaan yang menekanka…

1 06 2010
fathly husnawan

mas, gmana penerapan berbagai majas yang diajarkan dengan media

22 07 2010
aishah

salam..apakah peranan media dalam pendidikan????

3 04 2011
16 04 2011
Hanun Pakaya

menurut saya media komputer ini,perlu di sosialisasikan kepada masyarakat,karena pada umum nya masyarakat masih banyakbelum mangetahui manfaat komoputer tersebut,menurut masyarakat yang awam hanya mengetahui bahwa komputer hanya akan membawa anak-anak mereka ke dampak negatif.

13 06 2011
DAFTAR PUSTAKA

[...] “Prinsip Pengembangan Media Pendidikan”. [online]. Tersedia: http://teknologipendidikan.wordpress.com/2006/03/21/prinsip-pengembangan-media-pendidikan-sebuah-pen…. [19 April [...]

1 11 2011
TAUFAN SALMAN

terimakasih buat penulis..dengan adanya artikel ini saya sebagai mahsiswa jurusan kurikulum teknologi pendidikan dapat mengumpulkan semua informasi-informasi tentang perkembangan media.

13 09 2012
Pujo Cahyono

Ada beberapa yang mengganjal dalam diri ini, tentang pemanfaatan teknologi komputer sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Tidak semua orang paham memanfaatkan teknologi tersebut (gaptek). Tidak ada cara lain, yaitu kita harus dapat menggandeng orang yang tersebut, ditunggu kunjungan balik di http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html#up

berpacu dalam teknologi…

15 03 2013
22 07 2013
www.tblog.com

You don’t own the site design, so you certainly can’t sell it.
One can even instill bright colors into the website. Hunt
for the decent website design provider continues and finding
the suitable one is not difficult with effective research.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: